5 Bahan yang Membantu Hilangkan JERAWAT MEMBANDEL


 

(4.8)
4.8/5

10 Agustus 2020 | Rima Anggraini 

Bagi pemilik jenis kulit berjerawat, pemilihan produk skincare yang tepat sangatlah penting. Salah-salah beberapa kandungan dalam produk perawatan wajah, justru akan memberikan dampak buruk bagi kulit kita. Untuk itu penting mengetahui kandungan skincare apa saja yang sesuai dengan jenis kulit yang memiliki masalah jerawat.

1. Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan kandungan dalam produk skincare yang direkomendasikan untuk jenis kulit berjerawat dengan pori-pori besar. Kulit yang memiliki pori-pori besar akan rentan terhadap minyak dan kotoran yang menyumbat dan menyebabkan jerawat serta komedo. Kandungan ini diklaim bisa mengatasi masalah tersebut. 

2. Benzoyl peroxide

Kandungan ini juga sangat ampuh dalam mengatasi jerawat. Sehingga banyak produk skincare memasukkan Benzoyl Peroxide sebagai salah satu bahannya. Namun, tetap harus memperhatikan takaran dalam kandungan tersebur. Penggunaan Benzoyl Peroxide hanya sebesar 2,5 % itu cukup kuat dan efektif. Jika berlebih akan mengakibatkan iritasi.

3. Tea Tree Oil

Kandungan alami ini mampu melawan jerawat dan membersihkan kulit dari bakteri. Banyak riset yang menyatakan, bahwa Tea Tree Oil dinilai lebih efektif menyembuhkan jerawat dibanding Benzoyl Peroxide

4. Veryberry

Kandungan alami satu ini sudah banyak diketahui manfaatnya. Berbagai buah berry memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan pada kulit terutama jerawat. Kandungan dalam Very berry kaya akan mineral, vitamin B1, B2, B3, B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan anti-oksidan yang tinggi. Kandungan dalam Very berry ini dapat menetralisir kadar minyak pada kulit menjadi normal.

5. Niacinamide

Niacinamide membantu memperkuat pertahanan lapisan kulit yang paling luar. Karena kemampuan tersebut, vitamin B3 ini dapat mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk menghilangkan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. Untuk yang memiliki kulit berminyak, jangan khawatir, karena niacinamide menjaga pertahanan kulit dan membuat produksi minyak jadi semakin terkendali. Pori-pori akan menjadi lebih bersih karena tidak tersumbat minyak yang berlebih. Selain itu, Niacinamide juga menjaga kelembapan kulit karena vitamin B3 ini meningkatkan produksi Ceramide, kandungan yang mengunci kadar air pada kulit. Niacinamide akan efektif kalau dipakai dalam konsentrasi minimal 4%.

Di atas adalah beberapa kandungan utama yang baik untuk mengatasi jerawat. Namun, apakah akan digunakan satu-satu? Jelas tidak. Dibeberapa produk skincare sudah membuat kandungan-kandungan diatas menjadi satu formula yang bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat dengan takaran yang telah disesuaikan. Terlalu banyak menggunakan skincare untuk mengatasi jerawat pun sebenarnya tidak bagus untuk kulit karena kulit akan sulit untuk menyesuaikan dengan kandungan-kandungannya. 

Pertanyaannya selanjutnya adalah
“Bisakah mengatasi jerawat hanya dengan satu produk skincare saja?”